Pengobatan Penyakit Orchitis

Layanan Pengobatan Pijat Hernia dan lemah syahwat

Klinik Asy-Syarif  021-96923413 / 021-93074811
Ciputat Raya, Jl.H.Goden ujung Rt.08/011 no.23B pondok pinang keb.lama jakarta selatan

Orchitis

orchitis_1Orchitis ( orkitis ) adalah infeksi pada salah satu atau kedua testis ( buah zakar alias biji salak si cucakrowo ).

Bisa dibayangkan betapa sakitnya jika testis yang tanpa tulang dan posisinya yang menggantung gondal-gandul ini mengalami infeksi. Nyeri alang kepalang. Tak jarang rasa nyeri menjalar ke selangkangan, ke perut, searah dengan testis yang mengalami pembengkakan karena infeksi… betapa menderita seseorang yang mengalami Orchitis, telor meradang.

Penyebab

Penyebab Orchitis, antara lain:

  • Sebagian orchitis berhubungan dengan penyakit Gondongan ( Mumps, Parotitis ). Disebutkan bahwa 30 % penderita Gondongan dapat mengalami Orchitis pada hari ke 4 hingga hari ke 7. Ini terjadi karena penjalaran infeksi melalui aliran getah bening.
  • Virus-virus lain yang berbungan dengan Orchitis diantaranya coxsackievirus, varicella, dan echovirus.
  • Bakteri. Orchitis oleh bakteri pada umumnya merupakan penyebaran epididymitis, yakni infeksi epididimis ( saluran sperma yang menempel di bagian atas testis ). Infeksi oleh bakteri dapat juga terjadi tanpa adanya infeksi epididimis. Kuman penyebab Orchitis diantaranya Neisseria gonorrhoeaeChlamydia trachomatisEscherichia coliKlebsiella pneumoniae,Pseudomonas aeruginosaStaphylococcus dan Streptococcus

Angka Kejadian

Mark B Mycyk, MD menyebutkan bahwa sekitar 20 % insidens Orchitis berhubungan dengan Penyakit Gondongan (Mumps, Parotitis), terutama pada usia prepubertas. Sedangkan Orchitis yang disebabkan kuman pada umumnya berhubungan dengan Epidedymitis.

Gejala Orchitis

Keluhan-keluhan dan gejala pada penderita Orchitis, antara lain:

  • Bengkak pada salah satu atau kedua testis, disertai warna kemerahan.
  • Nyeri, ringan hingga nyeri banget. Kadang penjalaran nyeri berasa hingga perut bagian bawah. Kesenggol dikit saja nyerinya tak terkira. Duduk salah berdiri salah … ( mringis mode: on ).
  • Demam, menggigil.
  • Adakalanya disertai dengan nyeri otot, lemas, mual, sakit kepala.

Pada pemeriksaan nampak testis yang membesar, lunak (kadang meengeras), merah, epididimis membesar (membentuk benjolan melengkung di atas testis), kulit skrotum meregang (kulit yang kayak kulit salak )

Pengobatan

Pada dasarnya, pengobatan didasarkan pada penyebabnya. Jika diduga penyebabnya virus, obatnya dengan obat simptomatis (meredakan keluhan), yakni obat pereda demam dan nyeri (non-steroid anti-inflammatory drugs), misalnya: Ibuprofen, Asam Mefenamat, Naproxen, dan sejenisnya.

Sedangkan jika diduga karena kuman, maka diperlukan antibiotika sedikitnya selama 7–14 hari.

Obat-obat antibiotika yang lazim digunakan pada Orchitis yang disebabkan kuman diantaranya: Doxycycline, Azithromycin, Trimethoprim-sulfamethoxazole, Ofloxacin, Ciprofloxacin.

Selain itu, untuk mengurangi keluhan dianjurkan:

  • Istirahat. ( kecuali yang ringan dan betah nyeri )
  • Hindari pemakaian celana dan celana dalam ketat. ( pake sarung )
  • Hindari aktifitas berlebihan.

Ingat: tak ada pantangan makanan

sumber : cakmoki86

This entry was posted in alamat bekam, alamat terapi lintah, artikel penyakit jantung, bekam, bekam ciputat, bekam jakarta, bekam panggilan, berita bekam, cara melakukan bekam, gejala penyakit jantung, infeksi testis, info tentang terapi lintah, info terapi lintah, kesehatan, klinik bekam, klinik terapi lintah, layanan terapi lintah, lintah, manfaat bekam, manfaat terapi lintah, orchits, pengertian bekam, pengobatan alternatif jantung, pengobatan alternatif lintah, pengobatan penyakit jantung, pengobatan terapi lintah, perintah bekam, pijat hernia, tempat bekam, terapi bekam, terapi lintah, terapi lintah buat jantung, terapi lintah di jakarta, terapi lintah untuk segala macam penyakit, titik bekam, Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>