KLINIK ASSYARIF

Manfaat Daun Saga untuk Batuk dan Sakit Tenggorokan

Pohon saga merupakan salah satu contoh dari begitu banyak tumbuhan yang dapat digunakan untuk meredakan dan menyembuhkan penyakit secara alami. Khasiat pohon saga diambil dari manfaat daun dan akarnya. Kedua bagian ini memiliki banyak manfaat seperti menyembuhkan sariawan, sakit tenggorokan, batuk, gangguan lambung, hipertensi dan masih banyak lagi. Artikel sebelumnya pernah dibahas mengenai manfaat permen strepsil yang dapat meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai manfaat daun saga untuk batuk dan gangguan tenggorokan secara alami.

Daun saga memiliki banyak kandungan antioksidan, vitamin (A, B1, B6 dan C) dan beberapa kandungan lain yang sangat bermanfaat untuk pengobatan dan menjaga kesehatan tubuh. Untuk medapatkan manfaat daun saga untuk kesehatan tenggorokan, caranya adalah dengan membuat jamu tradisional dengan daun saga. Pembuatannya pun sangat mudah dan bisa dicampur dengan beberapa bahan alami lainnya. Berikut merupakan beberapa cara membuat jamu dari daun saga untuk mengobati masalah tenggorokan:

1. Mengatasi batuk

Batuk merupakan penyakit yang cukup mudah disembuhkan, namun bisa sangat menyusahkan karena membuat segala aktivitas menjadi tidak nyaman. Untuk menyembuhkannya Anda bisa memadukan daun saga dengan manfaat kunyit untuk batuk kering dan berdahak, yaitu sebagai berikut:

Siapkan 1 genggam daun saga, 1 ruas kayu manis, serta 1 rimpang kunyit yang sudah dikupas dan ditumbuk kasar.
Panaskan 2 gelas air dalam panci, masukkan ketiga bahan tersebut ke dalam panci.
Didihkan campuran bahan tersebut sampai air tersisa sekitar 1/2 gelas saja.
Saring rebusan ke dalam gelas, lalu biarkan hingga agak dingin dan minum setelahnya.
Jamu ini sebaiknya dikonsumsi 2 kali dalam sehari secara rutin.
Manfaat daun saga untuk batuk adalah karena memiliki khasiat ekspektoran yang dapat mengeluarkan dahak saat batuk dan meninggalkan rasa plong ditenggorokan. Sehingga daun saga ini ampuh untuk mengobati batuh kering berdahak. Ramuan dari daun saga ini juga aman dan nyaman digunakan untuk anak kecil atau balita untuk alternatif baru, di samping penggunaan manfaat bawang merah untuk batuk.

2. Mengatasi sakit tenggorokan

Daun saga juga dapat dipakai untuk membuat jamu sakit tenggorokan seperti radang, panas dalam atau tenggorokan gatal. Langka membuat jamu dari daun saga untuk masalah tenggorokan juga sangat mudah, yaitu:

Siapkan 8-10 lembar daun saga, lalu cuci dengan air sampai bersih.
Masukkan ke dalam panci yang sudah diisi 3 gelas air.
Tunggu hingga mendidih dan biarkan sampi tersisa setengahnya saja.
Saring air rebusan, lalu biarkan sampai agak dingin.
Anda bisa menambahkan madu dan air perasan jeruk nipis atau lemon.
Daun saga dapat digunakan untuk mengatasi masalah tenggorokan karena memiliki kandungan glycyrhicic. Kandungan ini memiliki kemampuan untuk memberi efek sejuk dan meluruhkan lendir yang mengganggu di tenggorokan. Sehingga tenggorokan yang bermasalah dapat sembuh dan terasa lega kembali.

Mudah bukan? Jika Anda memiliki alergi terhadap obat-obatan kimia tertentu, cara di atas sangat bisa dicoba untuk menyembuhkan batuk atau masalah tenggorokan. Walaupun daun saga memiliki rasa yang cukup manis dan ampuh sebagai obat, Anda harus berhati-hati saat menggunakannya. Jangan sampai tercampur dengan biji saga, karena biji saga bersifat racun yang bisa membahayakan kesehatan. Demikian ulasan mengenai manfaat tumbuhan bagi manusia yang berasal dari daun saga. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *